Home > Finance > Kenaikan Suku Bunga SBI dan Portofolio Investasi

Kenaikan Suku Bunga SBI dan Portofolio Investasi

Pemerintah telah menaikkan suku bunga SBI menjadi 8,75%. Kenaikan ini adalah yang kedua kalinya setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM. Kenaikan suku bunga SBI ini sebagai upaya untuk mengantisipasi tingginya tingkat inflasi sebagai dampak dari kenaikan harga BBM.

 

Kenaikan ini akan memicu kenaikan suku bunga pinjaman/kredit perbankan. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada sektor riil dan kegiatan investasi. Sektor perumahan juga akan menerima dampak kenaikan suku bunga SBI ini karena kenaikan suku bunga SBI akan menaikkan suku bunga KPR yang akan berdampak pada turunnya daya beli masyarakat akan produk-produk perumahan.

 

Kegiatan investasi juga akan mengalami perubahan khususnya dalam portofolio investasi. Kenaikan tingkat suku bunga SBI yang merepresentasikan tingkat suku bunga bebas resiko akan menyebabkan perubahan portofolio investasi. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa kenaikan tingka suku bunga SBI akan menggeser garis CML (Capital Market Line) yang menyebabkan pergeseran titik singgung garis CML dengan kurva batas portofllio efisien (efficient frontier). Titik singgung antara CML dan efficient frontier menyebabkan perubahan portofolio investasi yang optimal. Untuk itu bagi para investor harus bersiap untuk melakukan revisi dan perubahan portofolio investasinya 

Categories: Finance
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment